Ingin Kurus? Loncat-loncat Aja



Olahraga yang mampu membakar banyak kalori sekaligus murah karena tidak butuh tempat maupun peralatan khusus adalah loncat-loncat.

Tentunya tidak sembarang loncat, ada banyak teknik yang bisa diterapkan agar manfaatnya bisa maksimal. Jika dilakukan dengan benar, loncat-loncat setiap hari bisa membakar 350 kalori tiap 25 menit. Sebaliknya jika salah meloncat, meloncat sembarangan tidak cuma menyebabkan kaki pegal- pegal melainkan juga rentan memicu cedera pada persendian.

Beberapa teknik meloncat yang dianjurkan antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Health.com.

1. Loncatan Petarung



Berdiri dengan posisi kuda-kuda yang kuat seperti para petarung, dengan kaki kiri di depan kaki kanan dan badang codong sedikit ke kanan. Kepalkan tiju di dekat dagu, sikut merapat ke badan. Tumit tetap di lantai dan posisi lutut di belakang jari kaki. Jongkok dan sentuh lantai dengan tangan kanan. Loncat sekuat tenaga, angkat lalu tukarkan posisi kedua kaki saat berada di udara. Lakukan sebanyak 25 kali pengulangan.

2. Loncatan Keliling Dunia



Berdiri dengan kaki terbuka lebar, paha dan telapak kaki menghadap keluar. Jongkok hingga lutut membentuk sudut sikut-sikut. Arahkan kedua tangan ke lantai, lalu putar hingga satu lingkaran penuh seolang sedang mengitari dunia. Begitu tangan sampai ke posisi semula yakni mengarah ke bawah, dorong kedua kaki untuk meloncat. Saat mendarat, posisi kaki agak menekuk. Lakukan sebanyak 20 pengulangan.

3. Loncatan Tekuk Lutut



Gerakan ini merupakan kombinasi antara lari di tempat dan loncat- loncat. Dimulai dengan lari di tempat sebanyak 4 kali, lalu angkat kedua kaki bersama- sama. Saat meloncat dan mengangkat kaki, posisi tangan ditekuk menghadap ke depan. Kedua kaki terangkat setinggi pinggang sehingga paha dan lengan bawah bertemu saat kaki dan tangan masing-masing dalam posisi siku-siku. Rangkaian gerakan dari lari di tempat hingga meloncat adalah 1 pengulangan. Lakukan sebanyak 15 pengulangan.

4. Loncatan Bulan Sabit



Gerakan ini adalah modifikasi dari lunge atau gerakan melangkah. Caranya dengan melempar kaki kiri ke belakang sejauh mungkin, kaki kanan tetap tegak membentuk sudut siku-siku. Angkat kedua tangan lurus ke atas, lalu lincat dengan mendorong kedua kaki sekuat tenaga. Saat melayang di udara, tukarkan posisi kaki kanan dan kiri. Lakukan sebanyak 25 pengulangan.

5. Loncatan Menyamping



Awali gerakan dengan kaki kanan ditekuk serendah-rendahnya, hingga tangan kanan menyentuh lantai, sementara kaki kiri agak terangkat. Dorong kaki kanan hingga meloncat sejauh kurang lebih 1 meter ke arah kiri, lalu mendarat dengan kaki kiri menekuk rendah, tangan kiri menyentuh lantai dan kaki kanan terangkat. Ulangi dengan bergantian, loncat ke kiri dan ke kanan sebanyak 25 kali pengulangan.


SUMBER : health.detik.com | Foto by health.com

0 comments:

Posting Komentar