Makanan Penyebab Sakit Perut



Banyak penyebab seorang terkena diare, selain mengonsumsi makanan pedas. Penyebab lainnya ialah mengonsumsi makanan yang memiliki sifat menginflamasi (peradangan) usus. Inflamasi ini terkadang dipicu kafein dan susu, sementara umumnya makanan sudah terkontaminasi bakteri, virus, dan racun yang membuat gerakan usus jadi tidak teratur. Kendati ada obat untuk menyembuhkan keluhan ini, tidak ada salahnya mengecek makanan penyebab diare agar terhindar risiko ini.

Lantas, apa saja makanan yang sering menyebabkan seseorang terkena diare? Berikut jawabannya, sebagaimana dilansir Boldsky.

Mengonsumsi buah jeruk

Pada dasarnya, jeruk memiliki kandungan asam di dalamnya. Sehingga pada jumlah asupan tertentu dapat membuat stres saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Oleh karenanya, sebisa mungkin mengonsumsi jeruk tidak berlebihan.

Mengonsumsi sawi

Sawi mengandung serat larut dan sulfur yang memicu gas pada lambung. Sehingga tidak jarang membuat pencernaan Anda tidak baik atau mencret .

Mengonsumsi bawang putih

Bawang putih juga mengandung serat larut yang menghasilkan gas dalam sistem pencernaan.

Mengonsumsi kacang- kacangan

Kacang-kacangan salah satu makanan yang paling umum yang menyebabkan seorang terkena diare. Hal ini karena mereka sulit untuk dicerna hingga menyebabkan perut kembung dan diare pun datang.

Mengonsumsi makanan pedas

Hal ini karena makanan pedas dan berminyak tidak bisa dicerna oleh usus. Mereka kadang menyebabkan masalah lambung dan mempengaruhi pergerakan usus.

Mengonsumsi cabai

Seorang yang mengalami mencret karena makan cabai. Hal ini karena kandungan capsaicin yang ada dalam perut terlalu berlebihan.


SUMBER : m.okezone.com/read/2013/05/19/486/809232

0 comments:

Posting Komentar