Peralatan Melamin Dapat Menyebabkan Batu Ginjal



BANYAK dari kita mungkin menggunakan peralatan makan dari melamin. Anda harus lebih waspada, karena melamin dapat mencemari makanan Anda, dan dapat menggangu kesehatan Anda dan keluarga.

Kasus peralatan makan yang tercemar melamin sudah banyak terjadi. Pencemaran melamin pada makanan ini telah dikaitkan dengan gangguan kesehatan berupa munculnya batu ginjal pada anak-anak dan orang dewasa. Pada 2008, Cina mengalami kasus tercemarnya susu bayi dengan melamin yang menyebabkan enam kematian dan 50.000 orang menjalani perawatan, demikian yang dilansir Foxnews.

Sebuah laporan baru di jurnal JAMA menemukan bahwa makan makanan panas dengan menggunakan peralatan melamin dapat memengaruhi kesehatan baik pada anak-anak dan orang dewasa. Dalam studi saat ini, Dr Chia- Fang Wu, dari Kaohsiung Medical University di Taiwan, melakukan penelitian yang mengukur tingkat melamin urine dalam pria dan wanita yang mengkonsumsi sup dengan menggunakan peralatan melamin.

Setengah dari partisipan dalam penelitian ini mengonsumsi dua cangkir porsi sup panas dari mangkuk melamin dan setengah lainnya mengonsumsi dari mangkuk keramik.

Sampel urin dikumpulkan sebelum makan, dan setiap dua jam selama 12 jam setelah makan. Tiga minggu kemudian, waktu yang cukup untuk membersihkan melamin dari sistem tubuh para peserta. Peneliti menemukan ekskresi melamin total dalam urine selama 12 jam adalah 8,35 mikrogram per liter setelah sup dikonsumsi dari mangkuk melamin, dibandingkan dengan hanya ada 1,31 mikrogram setelah makan sup dari mangkuk keramik.

"Peralatan makan melamin dapat melepaskan sejumlah besar melamin bila digunakan pada suhu tinggi makanan," ujar peneliti. Melamin juga digunakan untuk pembuatan laminasi, plastik, pelapis, filter komersial, lem dan perekat. Hal ini diekskresikan relatif cepat dari tubuh. Untuk lebih aman, jika Anda hendak makan atau minum dengan suhu panas gunakan peralatan makan dari keramik atau kaca.


SUMBER : okezone.com

0 comments:

Posting Komentar