Zambia Gugat Rekor Gol Leonel Messi



Persatuan sepak bola Zambia berencana menggugat rekor Lionel Messi sebagai pemain dengan gol terbanyak dalam satu musim.

Menurut persatuan sepak bola Zambia, catatan 86 gol yang dicetak pemain Barcelona asal Argentina tahun ini masih kalah dibandingkan rekor pemain Zambia, Godfrey Chitalu, yang berhasil melesakkan 107 gol pada 1972.

"Kami di Zambia punya catatan gol (Chitalu). Sayangnya catatan ini belum diakui oleh organisasi sepak bola internasional," ujar juru bicara persatuan sepak bola Zambia kepada kelompok media di Zimbabwe, NewsDay. "Dunia saat ini memang sedang ramai membahas Messi yang berhasil memecahkan rekor 85 gol yang dipegang Gerd Muller. Tapi di Zambia, yang dibahas warga adalah mengapa rekor Chitalu tidak diakui," tambahnya.

Messi resmi dinyatakan memecahkan rekor Muller pada hari Minggu (09/12) setelah mencetak dua gol dalam pertandingan Barcelona melawan Real Betis. Kumpulkan bukti Dua gol ini membuat Messi telah mencetak 86 gol, baik untuk Barca maupun Argentina, selama musim 2012-2013.

Juru bicara persatuan sepak bola Zambia mengungkapkan persatuan sepak bola Zambia akan membentuk tim khusus untuk mengumpulkan semua bukti tentang catatan gol Chitalu. Setelah itu temuan akan disampaikan kepada konfederasi sepak bola Afrika dan badan sepak bola dunia, FIFA. "Kami akan kumpulkan semua bukti pendukung. Misalnya kapan dan di mana gol-gol Chitalu tersebut dibuat. Kami akan memerinci hingga menit per menit," kata juru bicara persatuan sepak bola Zambia.

Ia mengatakan yakin setelah semua bukti terkumpul FIFA akan mengakui rekor Chitalu dan membatalkan rekor Messi. Chitalu lima kali terpilih sebagai pemain terbaik di Zambia dan setelah pensiun sebagai pemain, ditunjuk menjadi pelatih tim nasional negara tersebut.

Ia meninggal dunia pada 1993 setelah pesawat yang membawa dirinya dan tim nasional jatuh di dekat Gabon.


SUMBER : BBCindonesia.com

0 comments:

Posting Komentar