Orang Yang Tidak Perlu Minum Susu



Sejak lama dikenal 'empat sehat lima sempurna' di mana nasi, lauk, pauk, dan buah akan lengkap dengan adanya susu. Karena itu banyak orang yang kemudian menjadikan minum susu sebagai 'kebiasaan' sehari-hari. Meski susu memiliki beberapa manfaat sehat, namun ada orang yang tidak perlu mengonsumsi susu lho. Siapa dia?

"Yang tidak perlu mengonsumsi susu adalah orang-orang dewasa yang asupan lemak dan gulanya sudah lebih dari cukup. Menurutnya, di dalam lambung, susu membentuk senyawa asam," kata Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB dalam peluncuran susu Vitalac dari Sarihusada, di KidZania, Pacific Place, Jakarta.

Bila ada orang yang makan daging, makan makanan mengandung gula, dan tidak diimbangi dengan sayur dan buah kemudian dia minum susu, maka bisa berdampak buruk bagi lambungnya.

Berbeda dengan anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, susu sangat diperlukan. Karena ada beberapa jenis zat dalam susu yang tidak terkandung dalam makanan apapun, baik itu di daging sapi, ayam, ikan, telur, bahkan sayur dan buah-buahan.

"Salah satunya adalah growth hormone, itu satu-satunya hanya ada di campuran formula susu. Ini kan sangat dibutuhkan anak-anak yang dalam masa pertumbuhan," papar Prof Hardin.

Lantas, apakah susu dapat digantikan dengan suplemen? Menurut Prof Hardin, suplemen bisa saja menggantikan peran susu dalam menyuplai nutrisi bagi tubuh. Namun kadangkala, ada beberapa suplemen yang justru tidak baik bagi tubuh bila 'berdiri' sendiri.

"Dalam susu, zat-zat nutrisi yang dicampurkan sudah dihitung berdasarkan kadar yang tepat. Selain itu, peneliti juga memperhitungkan reaksi antar zat yang dapat terjadi saat proses pencernaan. Saat dicerna, bisa ada gizi yang berkurang atau hilang. Maka sebaiknya, nutrisi-nutrisi tersebut masuk secara serempak ke dalam tubuh. Salah satu caranya ya dengan minum susu," imbuh Prof Hardin.


SUMBER : detik health
This entry was posted in :

0 comments:

Posting Komentar