Serba-serbi Labu Perlu Anda Tahu



LABU memiliki tektur lembut dan terasa manis sehingga cocok ditambahkan untuk beberapa hidangan. Labu yang dipotong-potong bisa dimasak sup dan semur atau dipanggang bersama dengan kentang dan sayuran akar sebagai menu pelengkap yang sehat.

Simak beberapa fakta tentang labu, seperti diulas Eatingwell:

Labu sangat sehat

Labu kaya vitamin dan nutrisi. Satu cangkir labu matang mengandung vitamin A sebanyak 214 persen dari rekomendasi kebutuhan harian, vitamin C sebanyak 33 persen, serta mengandung vitamin B6, vitamin K, kalium, dan asam folat.

Tips membeli labu

Memilih labu sangat sulit. Anda harus menekan dengan kuat di seluruh permukaan untuk memastikan kulit tidak lembek. Jika permukaan ada yang lembek, berarti labu belum matang atau penyimpanan yang tidak tepat. Saat membeli labu selama musim panen, pilihlah labu yang memiliki warna-warna cemerlang, warna kulit seharusnya tidak terlihat seperti habis dicuci alias pudar. Jika telah setahun itu, setelah labu disimpan, warna kulit bisa memudar sebagai tanda jika daging menjadi lebih manis.

Terlepas dari musim, jika kulit tidak terlihat mengkilap, berarti labu tersebut kurang matang. Mungkin juga habis dipoles untuk menutupi kualitas buruk dari labu. Pilih labu dengan sisa-sisa batang yang mengering masih menempel di salah satu ujung buah. Jika batangnya yang hilang bisa menandakan terjadi pertumbuhan bakteri dan jamur dalam daging labu.

Tips penyimpanan

Simpan labu di tempat yang sejuk dengan sirkulasi udara yang bagus, bukan kulkas tapi di dapur dengan area sejuk atau ruang bawah tanah. Labu bisa disimpan hingga sebulan selama belum dikupas. Jika labu telah dipotong seperti yang dijual di pasar, pastikan daging kering, kuat dan berwarna tajam. Hindari daging labu yang terlihat basah atau kering cekung seperti keriput.


SUMBER : okezone.com

0 comments:

Posting Komentar