Kecoak Perlu Bersolek



Seperti juga manusia, binatang juga suka membersihkan tubuhnya dan sedikit bersolek. Dari mamalia hingga serangga melakukannya. Kita sering melihat bagaimana kucing 'mandi' dengan menjilat- jilati tubuhnya. Tapi yang Anda barangkali tak tahu, kecoak pun juga suka membersihkan tubuhnya. Apa perlunya binatang yang hidup di lorong-lorong dan tempat jorok ini membersihkan diri?

Menurut Coby Schal, ahli serangga dari North Carolina State University, kecoak membersihkan diri, terutama bagian antenanya, supaya sensor-sensor tubuhnya tetap bisa bekerja sempurna mengendus makanan, menemukan jodoh dan mencium bahaya. “Membiarkan antena kecoak jorok, sama artinya membiarkan dia buta,” kata Coby, Senin lalu. Maka tak heran jika kita sering menyaksikan kecoak memasukkan antenanya ke dalam mulut. Bukan karena dia sedang membersihkan gigi, tapi untuk membersihkan antena miliknya. Schal dan rekan- rekannya mengamati kecoak yang membersihkan antenanya dan membandingkan dengan kecoak yang dihalangi saat membersihkan antena.

Ternyata, kecoak yang antenanya bersih, bisa mendeteksi pasangannya lebih baik dibanding kecoak-kecoak yang antenanya kotor. Di antena kecoak ini ada semacam lubang yang digunakan untuk menyedot bahan kimia. Bahan inilah yang dikirim ke syaraf untuk diidentifikasi. Jika antenanya jorok, maka lubang itu juga bakal tersumbat. FOXNEWS


SUMBER : detik.com

0 comments:

Posting Komentar