Android Lebih Aman Untuk Anak Ketimbang iOS



Tahun ajaran baru berlangsung dan musim liburan akan selesai, banyak anak-anak yang meminta gadget baru.

Apapun jenis gadget yang Anda pilih untuk anak anda, sangat penting untuk mengaktifkan parental control (kontrol orangtua) yang tepat. Tapi sebelum Anda memutuskan membeli gadget, Anda harus menyadari bahwa beberapa gadget akan lebih mudah untuk mengontrol daripada gadget yang lain. Untuk masalah parental control, Android jauh lebih baik daripada iPhone, iPad atau iPod.

Perangkat Android memberi Anda akses ke aplikasi yang memungkinkan tingkat yang lebih baik dalam kontrol dan pengawasan tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang rumit.

Apa yang mungkin dan apa yang tidak

Secara kasar beberapa pengaturan parental control dasar untuk perangkat iOS dengan menggunakan setting pengaturan dan browser pihak ketiga yang baik. Dalam satu tahun terakhir, Apple telah memblokir beberapa akses ke dalam aplikasi pembelian, dan Anda dapat mengatur iTunes untuk meminta password setiap kali seseorang mencoba untuk men-download sebuah aplikasi.

Namun, tidak mungkin untuk menonaktifkan setiap aplikasi, biasanya hanya dari perangkat Apple itu sendiri (dan tidak semua). Tidak ada cara untuk mematikan pemutar video atau musik, hanya untuk membatasi penggunaan media konten. Dan tidak dapat membatasi jam ketika anak-anak menggunakan gadget mereka dengan mengatur timer.

Deep level control semacam ini tidak tersedia secara default pada perangkat Android. Namun, karena sistem operasi android memberikan lebih banyak pilihan pengembangan/developer untuk ini (software development), sangat mungkin untuk mendapatkan semua parental controlling dari aplikasi pihak ketiga.

Android menyediakan fleksibilitas yang lebih besar bagi pengembang untuk membangun aplikasi yang memberikan keamanan dan perlindungan bagi anak-anak," kata Gavin Kim, kepala produk untuk NQ (NetQin) Mobile. "Platform Android akan lebih mungkin memiliki aplikasi terbaru, menarik, dan mempermudah orangtua untuk membantu menjaga anak-anak mereka aman dari konten yang membahayakan anak-anak"

NQ mobile baru saja merilis aplikasi versi beta "Family Guardian app", yang mengambil keuntungan dari fleksibilitas Android. Untuk penggunaan aplikasi, Anda dapat menyembunyikan aplikasi yang diinstal dalam gadget, memblokir download dan mendapatkan peringatan ketika anak Anda mencoba untuk men-download sesuatu. Memberikan kemampuan untuk check-in, lengkap dengan data GPS. Orangtua dapat menyaring situs-situs di browser dan bahkan mengatur jadwal aplikasi tertentu atau fungsi yang tersedia selama waktu tertentu seperti selama sekolah atau setelah tidur. Anda dapat memantau penggunaan melalui web interface. Kontrol seperti ini tidak ada di iPhone atau iPad.

Alat yang didesain untuk anak (atau orangtua)

Aplikasi Family Guardian dapat diinstal pada semua perangkat Android, tapi mulai tahun ini lebih ditujukan untuk tablet android khusus anak-anak dengan aplikasi parental control yang sudah "built in".

Awal musim panas ini, Techno Source merilis tablet Android untuk anak usia 5 keatas, yaitu Kurio 7 (www.kurioworld.com). Tablet ini memiliki kemiripan dengan yang anda temukan pada Samsung atau perangkat HTC. Memungkinkan orangtua untuk mengatur profil yang berbeda pada Kurio, termasuk profil administrasi bagi Anda dan profil terbatas untuk anak-anak.

Pembatasan memungkinkan orangtua untuk memblokir download aplikasi, pembelian aplikasi dan aplikasi tertentu (bahkan ketika aplikasi sudah terpasang) dan membatasi situs web dalam browser. Anda dapat memiliki beberapa profil, dan mengatur pembatasan untuk setiap anak (dan orang dewasa juga, saat mereka ingin menggunakan perangkat).

Diluar kontrol orangtua

Selain kontrol orangtua, perangkat Android memiliki manfaat lain bagi orang tua. Jika Anda ingin memberikan anak Anda smartphone tetapi khawatir tentang biaya. Seharusnya tidak perlu khawatir, karena tablet sekarang ini dengan fitur lengkap sudah bisa anda dapatkan dengan harga dibawah 2 jutaan. Kemudian tinggal menginstall aplikasi Family Guardian yang bisa anda download gratis dari google play.

Perangkat android kebanyakan memiliki kemampuan GPS, di mana tidak ditemukan dalam iPod touch. Tentunya dengan kemampuan ini akan lebih mudah untuk melacak keberadaan anak-anak menggunakan Google Latitude (gratis) atau aplikasi seperti Family Guardian.

Apakah anak-anak anda usia SD, SMP atau memasuki remaja, mengawasi mereka dan melindungi kehidupan digital mereka jauh lebih mudah dengan perangkat Android. Dengan aplikasi yang tersedia saat ini, perlindungan yang anda berikan dapat menjaga tumbuh kembang dari umur anak sampai dewasa. Dengan iOS, Anda hanya bisa berharap bahwa mereka menggunakan iPhone, iPod atau iPad secara bertanggung jawab dalam penggunaan gadget sendiri begitu mereka keluar dari pengawasan orangtua.


SUMBER : - mashable - NQ Family Guardian (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.netqin.control) - Kurio 7 tablet for kids (http://www.kurioworld.com/us/features.php)

0 comments:

Posting Komentar