Mozilla: Tak Ada Firefox untuk iPhone

Mozilla telah memastikan bahwa pengembangnya tak menyediakan versi mobile untuk Apple iPhone. Seperti diketahui, Mozilla kini tengah mengembangkan produk Firefox Home untuk perangkat mobile ataupun handset.

Firefox Home bukan aplikasi browser biasa seperti Opera Mini. Produk itu merupakan aplikasi berbasis komputasi awan. Dengan Firefox Home, pengguna iPhone dapat mengakses history desktop, membuka bookmark, dan tab browser terakhir di desktop secara instan di ponselnya.

Untuk menggunakannya, pengguna cukup menghubungkan Firefox Home dan akun Firefox Sync. Selanjutnya, Firefox Home akan memberikan akses Awesome Bar Search, yang memungkinkan pengguna membuka tab, bookmark dan riwayat browsing.

"Kami terus berusaha supaya kinerja dan pengalaman Firefox bisa hadir di Firefox Home. Banyak sekali pengguna iPhone yang menginginkan fitur-fitur Firefox dapat disematkan pada Firefox Home, tapi itu tidaklah mudah," kata Mozilla, dalam keterangan yang dikutip Information Week, Rabu 29 September 2010.

"Tapi, khusus untuk iPhone, ada beberapa keterbatasan teknis dan logistik yang menjadi hambatan," tuturnya.

Namun, awal bulan ini, Firefox Home terbaru dijadwalkan muncul untuk iPhone. Update terbaru itu menawarkan sejumlah fitur baru, termasuk mengakses tab browser yang sedang dibuka pada browser desktop. Awesome bar untuk akses pencarian serta bookmark lebih cepat, akses riwayat browsing lebih mudah, dan mendukung Firefox Sync server.

Pengguna juga tak perlu lagi mengetik user dan password pada iPhone setelah disinkronisasi. Selain itu, pengguna dapat mengkustomisasi mesin pencari dan tema (Firefox Panorama) pada iPhone-nya. Sinkronisasi Facebook, Twitter, dan berbagai aplikasi jejaring sosial lain dapat berjalan mulus di Firefox Home.

Dengan fitur-fitur tersebut, diharapkan Firefox Home dapat menawarkan pengalaman browsing lebih baik bagi iPhone mereka. Aplikasi tersebut juga mendukung 16 bahasa tambahan selain English. Menariknya, Mozilla menyuguhkan semuanya gratis.

Sementara itu, Mozilla juga tengah menyiapkan Firefox Home untuk sistem operasi Symbian dan BlackBerry. "Kami ingin menawarkan Firefox Home ke skala yang lebih luas. Dan, dua platform ini menguasai 60 persen smartphone secara global. Kami juga berencana mengembangkan versi iPad. Tapi, semuanya masih tahap proses," tutur Mozilla.

Untuk aplikasi Fennec, atau browser web untuk perangkat mobile seperti Opera Mini, kini juga masih dikembangkan. Kabarnya, versi Beta untuk platform Android sudah tersedia. (Information Week)

sumber : vivanews.com

0 comments:

Posting Komentar