Tentang Cystitis (anyeng-anyengan)


Cystitis adalah inflamasi kandung kemih yang paling sering disebabkan oleh infeksi asenden dari uretra. Penyebab lainnya mungkin aliran balik urine dari uretra kedalam kandung kemih. Kontaminasi fekal atau penggunaan kateter atau sistoskop.

Honeymoon cystitis adalah infeksi saluran kemih yang terjadi pada saat bulan madu yang dialami oleh para pasangan muda pengantin baru. Hal ini bisa terjadi oleh karena aktivitas hubungan seksual yang sering dilakukan pada saat bulan madu dan ini dialami oleh wanita. Pada saat hubungan seksual tersebut terjadi gesekan pada muara saluran kemih wanita yang berlebihan sehingga terjadi peradangan pada muara saluran kemih. Letak saluran kemih sangat berdekatan dengan vagina dan anus. Aktivitas seksual dari penis yang meningkat merupakan media yang baik untuk menindahkan kuman dari vagina atau dari anus ke muara saluran kemih.

Keluhan yang dirasakan adalah rasa nyeri pada saat berkemih, anyang-anyangan dan demam terkadang disertai juga dengan rasa mual. Pengobatan yang diberikan adalah penghilang rasa sakit dan antibiotik. Pencegahan yang dianjurkan adalah segera berkemih setelah selesai aktivitas seksual.

Cystitis merupakan infeksi saluran kemih bagian bawah yang secara umum disebabkan oleh bakteri gram negatif yaitu Escheriachia Coli peradangan timbul dengan penjalaran secara hematogen ataupun akibat obstruksi saluran kemih bagian bawah, baik akut maupun kronik dapat bilateral maupun unilateral.

• Pada umumnya disebabkan oleh basil gram negatif Escheriachia Coli yang dapat menyebabkan kira-kira 90% infeksi akut pada penderita tanpa kelainanurologis atau kalkuli.
• Batang gram negatif lainnya termasuk proteus, klebsiella, enterobakter, serratea, dan pseudomonas bertanggung jawab atas sebagian kecil infeksitanpa komplikasi.
• Organisme-organisme ini dapat dapat menjadi bertambah penting pada infeksi-infeksi rekuren dan infeksi-infeksi yang berhubungan langsung dengan manipulsi urologis, kalkuli atau obstruksi.
• Pada wanita biasanya karena bakteri-bakteri daerah vagina kearah uretra atau dari meatus terus naik kekandumg kemih dan mungkin pula karena renal infeksi tetapi yang tersering disebabkan karena infeksi E.coli.
• Pada pria biasanya sebagai akibat dari infeksi diginjal, prostat, atau oleh karena adanya urine sisa(misalnya karena hipertropi prostat, striktura uretra, neurogenik bladder) atau karena infeksi dari usus.

Gejala-gejala bervariasi sangat besar dari satu orang ke orang yang lainnya namun mempunyai beberapa persamaan-persamaan pada yang dari infeksi sistim urinary. Mereka termasuk:
• kapasitas kantong kemih yang berkurang;
• keperluan yang urgen (mendesak) untuk membuang air kecil seringkali siang dan malam;
• perasaan-perasaan dari tekanan, nyeri, dan kepekaan sekitar kantong kemih, pelvis, dan perineum (area antara anus dan vagina atau anus dan scrotum) yang mungkin meningkat ketika kantong kemih mengisi dan berkurang ketika ia mengosong;
• hubungan seksual yang menyakitkan (dyspareunia);

Cara Mengatasi :
1.Minum air sekitar 2 s/d 3 liter per-hari. Langkah ini untuk mengusir bakteri keluar dari saluran kemih.
2.Pergi ke kamar kecil secara teratur. Jangan suka menahan kencing hanya karena alasan sibuk
3. Sebelum dan setelah berhubungan intim dengan pasangan, hendaknya berkemihlah. Dengan langkah ini membuat bakteri di luar vagina tidak masuk, sementara bakteri yang dibawah Mr. P pasangan dapat keluar.
4. Mencuci dan menjaga area genital tetap bersih merupakan hal penting. Jangan biasakan mandi dengan berendam air hangat terlalu lama, hindari penggunaan wewangian atau bedak di vagina.
5.Pastikan untuk mandi, setelah berenang dan cuci bersih busana renang Anda. Sebab pasir. garam dan klorin di sekitar vagina bisa bertindak sebagai iritan dan memicu serangan.
6.Sebagai pencegahan, setiap hari rajin mengkonsumsi jus kranberi atau minum suplemen kranberi. Kenapa kranberi? Karena buah ini mengandung fitonutrien yang bekerja mencegah bakteri menempel di dinding saluran kemih, sehingga infeksi tak terjadi
7.Disarankan minum pepermin dan bearberi yang bersifat anti-peradangan. Selain itu, hindari minum teh dan kopi, karena dua jenis minuman ini dapat mengiritasi saluran kencing dan uretra.
8.Tambahkan beberapa tetes minyak esensial bergamot. Hal ini berguna untuk desinfektan yang kuat, sehingga bakteri yang berenang dalam air mati segera mati.
9.Ganti baju bersih segera, setelah olah raga atau berenang. Sehingga bakteri yang menempel di baju tersebut tidak merayap ke arah vagina. Selain itu, kenakan pakaian dalam yang menyerap air dan memudahkan sirkulasi udara. Misalnya pakaian yang berbahan sutra atau katun.

sumber : kaskus.us, google

0 comments:

Posting Komentar