Personal Review : Cyrus Chat, Touchscreen + QWERTY + Benchmark

Cyrus chat, mendengar nama ini teringat galaxy chat buatan samsung. Ya benar saja, bentuk dan desain yang hampir mirip serta menggunakan keyboard fisik, dan yang membedakan hanya ukuran layar dan dapur pacunya.

Cyrus chat merupakan smartphone terbaru keluaran produsen lokal cyrus yang Ditujukan pada segmen android kelas menengah ke bawah. Smartphone yang dirilis akhir 2013 lalu ini, berbanderol sekitar 1,3 juta + voucher indobooks senilai Rp.500.000,-. Android lokal ini dilengkapi dengan layar sentuh + tombol fisik QWERTY.

Dengan adanya keyboard fisik, sangat jelas bahwa smartphone ini dikhususkan untuk pengguna yang sering berkutat dengan sosial media, baik itu chatting, email, maupun social networking. Hal ini sangat cocok dengan aktivitas user smartphone di Indonesia yang gemar chatting, browsing, dan social networking di perangkat mobile.

Desain

Cyrus chat berdimensi 130x64x10.2 mm, dengan berat sekitar 130 gr. Lumayan tipis dan panjang. Bagian depan terdapat layar sentuh berukuran 3.5 inch HVGA (480x320). Diatas layar terdapat kamera depan beresolusi 2MP dan lampu notifikasi (warna lampu yang saya tahu hanya merah dan hijau) serta dibawah layar terdapat softkey standar android (menu, home, back) dan ditambahkan 2 softkey untuk menerima dan menutup panggilan telepon serta keyboard qwerty fisik.

Bagian samping dilapisi krom yang menambah kesan elegan dan kokoh. Samping kanan terdapat tombol untuk On/off, volume dan tombol kamera. Bagian atas hanya terdapat colokan headset 3.5. Sedangkan bagian bawah terdapat colokan microUSB. Samping kiri bawah terdapat tempat gantungan accesories.

Bagian belakang smartphone ini terdapat kamera 5MP disertai lampu flash, serta bawahnya terdapat speaker.

Cyrus chat lumayan nyaman digenggam untuk ukuran tangan sedang seperti saya , body tidak gampang selip untuk tangan yang berminyak. Keyboard fisik mirip blackberry, hanya penekanan sedikit keras (apa karena masih baru) namun tidak terlalu mengganggu kenyamanan dalam mengetik.

Untuk layar cyrus chat berukuran 3.5 inch jenis layar sentuh TFT standar, ketajaman layar tidak terlalu istimewa, biasa saja.

Paket pembelian

- Handset
- Headset
- Kabel data microUSB + colokan charger 1A
- OTG
- Buku manual
- Kartu garansi
- Voucher indobooks Rp.500.000,-

Spesifikasi :

- Android jelly bean 4.2.2
- Dual SIM on GSM - HSPA+
- Prosesor broadcom BCM21663 / BCM21664 dual core 1ghz
- RAM 512 Mb, internal storage 4gb, support t-flash up to 2TB
- GPU Videocore IV HW (single core GPU)
- Battery 1900mAh
- Layar 3.5 inch, 5 point multitouch, resolution 480x320, 160 dpi
- Rear camera 5mp with auto focus and LED flash, Front camera 2mp
- Video Recording up to 480p
- Proximity sensor, light sensor, distance sensor
- Light notification
- FM radio, GPS, bluetooth, microUSB



Tambahan benchmark dari quadrant








Fitur tambahan :
- USB OTG

Cyrus chat mampu membaca flashdisk atau hardisk external s.d 2 Tb. Dapat menggunakan keyboard dan mouse eksternal menggunakan koneksi USB (sudah dicoba).

Hasil kamera (dikecilkan menjadi 800x480)










Kelebihan :
- Prosesor dual core 1ghz cortex A9 - Dengan RAM yang hanya sebesar 512 MB namun untuk multitasking sudah lumayan (Firmware r1552, terbaru)
- Adanya keyboard fisik qwerty dapat mengurangi kesalahan dalam mengetik (typo)
- Perpindahan menu Smooth, untuk bermain game (Hay Day) tidak lag
- Menjalankan video 720p sangat lancar bahkan tidak ada masalah saat menjalankan video melalui flashdisk
- Baterai berkapasitas besar 1900mAh untuk spek dualcore dan 512MB awet seharian (dari pagi ke pagi lagi, termasuk tidur dalam kondisi standby), penggunaan normal, browsing berita, email, chat, dan sesekali game (hay day), sms, jarang telepon.
- Ada lampu notifikasi
- Ada tombol shutter kamera untuk mengambil foto atau video
- Body kokoh, tidak terkesan murahan

Kelemahan :
- Firmware bawaan masih banyak bug
- Tidak ada e-compass
- Layar kecil (3.5 inch) tapi tidak tertutup keyboard virtual
- Kualitas headset bawaan kurang baik
- Layar kurang tajam, biasa saja dan tidak istimewa, bila penggunaan outdooor brightness tidak diset auto maka layar kurang terlihat baik
- Kamera depan (buat ngaca) buram, walaupun masih bisa mendeteksi face unlock ditempat yang pencahayaannya bagus

Kesimpulan

Setiap smartphone pada umumnya mempunyai plus minus masing-masing (apalagi smartphone untuk segmen kelas menengah ke bawah), sekarang tergantung user yang menentukan pilihan dari segi fungsi dan budget, karena tiap user pasti berbeda kebutuhan. Review diatas masih sangat banyak kekurangan karena penggunaan belum ada 2 minggu. Mungkin minggu-minggu berikutnya ada penambahan review (lock GPS, tweak, aplikasi, game, custom rom dll).

Bagi pengguna yang sekarang masih memakai blackberry dan ingin beralih ke android, mungkin cyrus chat dapat dijadikan salah satu alternatif pilihan. Apalagi sudah pre installed dual BBM (dua aplikasi BBM dalam satu handset) memungkinkan user untuk menyortir kontak BBM untuk keluarga dan pekerjaan.

Tools :
Root menggunakan root master
ADB driver installer

NB : mohon maaf bila review masih belum lengkap, review ini seluruhnya ditulis menggunakan cyrus chat (Kingsoft office bawaan, BlogIt).

3 comments:

  1. Infonya Manis banget gan,, Ijin Bookmark Buat review.. ane ada minat sama ni HP.. Trims

    BalasHapus
  2. Bezel nya berbahan apa ya?

    BalasHapus
  3. Ketahanannya gimana?awetkah?

    BalasHapus