Review Advan Vanbook P1N-45116 (+Driver)


Udah lama gak update blog gara-gara laptop kena mal praktik tempat service (sial, maunya service engsel, malah mobonya konslet, apes dah... mana dah nunggu sebulan lebih n hasilnya matot), dan berawal dari itu saya berpikir untuk mengganti notebook saya yang emang sudah 4 tahun saya pakai dengan yang baru dan tentunya mendukung untuk mobilitas dan kegiatan saya kuliah dan browsing internet.

Saya mulai mencari referensi laptop yang sesuai dengan apa yang saya butuhkan untuk kegiatan saya. Dan akhirnya pilihan saya jatuh ke komputer jinjing jenis netbook. Disamping harganya murah serta dari segi ukuran memudahkan saya untuk membawanya kemana saja dan tidak memakan tempat bila di kendaraan, yang paling penting harganya yang berkisar 2-4 jutaan tidak memberatkan saya sebagai seorang mahasiswa. Netbook ini sangat cocok untuk kebutuhan saya yang hanya untuk : mengetik, internet, edit gambar, musik, video kecil-kecilan gdan ame-game ringan.

Setelah mencari informasi dan review netbook di internet dan bertanya ke toko komputer, pilihan saya yang sesuai budget maks 3 juta ada beberapa merk netbook yaitu (Harga 1 Maret 2010 dijogja) : HP mini 210-1014 Rp.2.790.000,- , Elevo Hornet (Promo rp. 2.288.000), dan yang terakhir advan vanbook p1n-45116. Setelah saya lihat2 barang tersebut di toko, Akhirnya pilihan saya jatuh pada Advan Vanbook p1n-45116 (Rp. 2.699.000). Daripada banyak babibu mending langsung ke review yang berdasarkan pengalaman saya menggunakan produk netbook ini, simak dibawah.

Review

Pertama saya lihat ukuran dusnya, ukurannya seperti ukuran kardus motherboard, tidak terlalu besar dan cukup saya bawa menggunakan tas biasa. Dari advan sendiri kelengkapannya : Soft case, Charger, kabel charger, kartu garansi, buku petunjuk, baterai serta CD Driver. Dan ternyata masih ada bonus dari toko yaitu, keyboard protector, mouse,mouse pad dan screen cleaner.



Dari kondisi fisik warna body full hitam, keyboard cukup nyaman untuk ukuran tangan sedang.Yang agak mengganggu bagi saya tombol panah pada keyboard, arah atasnya sering kepencet dengan tombol enter.Untuk spesifikasi akan saya tulis dibawah.



Spesifikasi hardware :
- prosesor : Intel Pineview (New Atom) N450 1.6GHz (2 CPU) FSB 667 Mhz, L2 cache 512kb
- Chipset : intel NM10
- Memory : 1gb DDR2 667 - 333 mhz, maximum 2gb (2 slot)
- Layar : 10" LED Screen (1024x600), intel GMA 3150 Total memory 384 MB
- Harddisk : 160 gb WDC 5400 RPM
- Sound : Realtek HD Audio
- 6 cell baterry up to 8 hours
- Wifi, 1x headphone jack in,1x microphone jack in, card reader 4 in 1, 3x USB, VGA out, WebCam 1.3 mpx, speaker.



Hasil Benchmark menggunakan PassMark PerformanceTest 7.0 build 1012 evaluation ver.



Karena netbook ini tidak ada OS pada paket penjualannya, maka saya pertama kali menginstall Windows XP Profesional SP2 melalui boot lewat USB. Setelah itu mulai menginstall driver, semua hardware dan driver dapat berfungsi baik pada Windows xp prof SP2. Dalam CD driver disertakan juga software bluetooth dan 3g, namun disayangkan itu hanya optional (hardwarenya beli sendiri).

Setelah itu saya coba menginstall beberapa software, diantaranya : Corel X3, photoshop CS2 dan Office 2007. Untuk Office 2007, Corel X3 dan photoshop CS2 editing kecil2an netbook ini cukup lancar dan tidak masalah untuk menjalankan program tersebut. Saya mencoba menjalankan Firefox, photoshop, dan TV tuner eksternal GADMEI sekitar 4-5 jam secara bersamaan, kinerja dari netbook ini tidak ada masalah.

Kemudian untuk menonton film HD, kualitas gambar menurut saya cukup jernih dan tidak patah - patah dalam menjalankannya. Namun saya agak kurang sreg dari suara speaker built-in nya, agak cempreng menurut saya, tetapi bila dicolokkan ke speaker ekternal (simbadda CST 5000) kualitas suara jernih dan cukup enak di telinga.

Jujur saja, saya agak bingung dengan tulisan up to 8 hours, sejauh ini saya mencoba dengan meminimalisasi kinerja notebook untuk mengetik saja maksimal sekitar 5 jam, untuk menonton TV menggunakan TV tuner USB didapatkan sekitar 3 jam penggunaan. Namun hal ini tidak mengecewakan buat saya berbanding dengan biaya yang saya keluarkan untuk membeli netbook ini.

Untuk sementara segini dulu review ini, karena saya baru saja beli dan umurnya baru 2 hari jadi belum sempat dieksplor lebih lanjut, postingan ini akan saya update lagi.

UPDATE

Dalam update kali ini saya menggojlok netbook ini dengan merekam suara dari gitar teman ke microphone jack menggunakan adobe audition 1.5. Hasilnya, salut untuk advan!!!, bisa dikatakan tidak ada delay pada input suara dan suara yang direkam tadi sesuai dengan metronome. Kemudian saya jalankan Software Propellerhead Reason 4 bersamaan dengan Adobe Audition 1.5, kinerja netbook ini masih stabil walaupun anti virus serta winDefender pada taskbar aktif. 2 jempol untuk kinerjanya.

Lalu untuk game ringan, disini saya mencobanya dengan game Pro Evolution Soccer 6. Semua setingan saya set paling maksimum, hasilnya sangat lancar dan berasa maen PS2 portable :). Kemudian mencoba emulator NDS dan PSX hasilnya juga lancar, walaupun pada saat animasi pada emu NDS agak patah patah, namun tidak menjadi masalah. Tidak mengecewakan saya membeli netbook ini.

Untuk suhu netbook, saya sendiri merasa was-was. Saya sendiri tidak tahu apakah suhu netbook seperti ini normal atau tidak. Saya pakai selama 2 jam untuk browsing internet dan nge-play mp3 menggunakan aimp2 didapat hasil untuk prosesor 59 celcius dan 44 celcius untuk harddisknya (saya menggunakan cooler pad). Hal ini belum saya tanyakan langsung ke SC nya, apakah ini normal atau tidak serta menilik dari review di forum2 merk netbook lain yang suhunya berkisar 29 celcius digunakan non stop selama 7 jam, hal ini semakin menambah rasa was-was saya. Berikut screenshotnya.


Sekian dulu review kali ini, bila masih ada tambahan lagi pasti langsung saya update.

Kesimpulan :

Kelebihan :
- Bodynya mungil dan ringan ( ukurannya lebih kecil dari kertas A4)
- intel atom n450 prosesor terbaru
- Keyboard nyaman digunakan (hanya sedikit kekurangan yaitu, tombol panah yang kecil, sering kepencet dengan tombol enternya)
- Layar cerah dan jelas
- Dilihat dari segi spesifikasi dan harga yang ditawarkan sangat layak dijadikan pendamping pada kegiatan dan mobilitas anda.
- Bonus banyak :D

Kekurangan :
- Suhu prosesor lumayan tinggi (Sejauh ini belum saya tanyakan pada SC apakah wajar untuk ukuran netbook)
- Arah panah ke atas pada keyboard kecil dan dempet pada tombol enter sehingga sering tidak sengaja tertekan.
- Tidak disertakan OS dalam paket penjualannya.
- Tidak ada bluetooth dan modem

Review diatas dari pengalaman penulis selama menggunakan netbook advan vanbook selama ini. Tulisan ini sekedar informasi dan untuk menambah referensi kepada pembaca dan diharapkan membantu pembaca menentukan netbook yang sesuai dengan kebutuhan.

Driver Advan p1n-45116 :
Pertama-tama download terlebih dahulu winUHA disini

- Chipset
- Audio
- Camera
- Wifi
- VGA
- LAN
- Control Center

NB : Driver Untuk Vista & XP 

Untuk win 7 (dapet dari devid.info)
- VGA
- Sound
- Network adapter 

Maap saya baru nemu diatas

133 comments:

  1. wah, review yang menarik. saya tertarik juga untuk beli netbook. saya bingung memilih antara elevo, axio yang 2,5jt. dan HP yang USD299.
    kenapa kok memilih advance? kok bukan yang lain

    BalasHapus
  2. @haris
    Itu reviewnya masih kurang mas Haris, maklum masih baru, ntar diupdate lgi. knapa sy milih advan, pertama service center dikota sy sudah ad, dan ditimbang dari segi harga, kebutuhan dengan spesifikasiny cukup memenuhi kebutuhan saya.

    Sebenernya apapun merknya, yg paling penting layanan after salesnya, sebelum membeli cek apakah ada service center terdekat atau cari informasi tentang pelayanan after salesnya (bagus atau sering bermasalah) yg bsa ditanyakan ke costumer service.Dan juga tanya2 ke teman yg udah punya netbook sekedar untuk memberi referensi.

    klo axioo kmaren jg mw ngambil itu, berhubung ada dead pixelnya malah gk jadi beli.

    BalasHapus
  3. mantap reviewnya. thanks infonya

    BalasHapus
  4. Ini komputer emang puas banget bro pakenya...
    Ane pilih ini karena harga dan specnya gila banget, jauh semua pesaing sekelasnya...

    masalah ane juga sama, dia nggak sampe 8 jam di win 7, cuma sampe 5 jam-an juga.

    Dan masalah panasnya juga bikin ane khawatir, nggak enak rasanya mengetik diatas komputer yang panas, ane takut meledak aja kalo overheat..

    BalasHapus
  5. @Lucky
    Ternyata masalah yang sama y gan, hehe... baru2 ni sy liat di pameran yg semula pemakaian 8 jam turun jd 7.2 jam, tp praktikny tetep maks 5 jam an, buat suhu panas sy pke cooler pad, ane masi was2 klo gk pke cool pad (blm sempet ane tanyain ke SC)... tp overall ni netbook memuaskan buat saya.

    ane sempet bingung dlu (dgn harga yg gk jauh beda) antara advan dgn hp mini 1014, jadinya milih advan gan.

    pertimbangannya di HP gk ada line in buat mic-in pdhl ane butuh buat record suara n pas ane cek dxdiag total memory VGA di hp 1014 sbsar 128, berbeda dgn advan yg total memory 384.

    BalasHapus
  6. selamet nih udah pake vanbook terbaru. gw juga pake a1n70tb yang keluar beda 3 bulan sama p1n bedanya prosesor masih n270 tapi ydah ada bluetootnya.( gara2 kagak sabar beda harga cuma 100 lagi di lampung a1n70tb belinya 2,8) 3 bulan kemudian muncul p1n harga 2,7 gila tu vanbook).

    aftersalenya bagus advan lapita gw juga kemaren rusak speakernya ssember dan storing semua gara2 ngidupin microphone booster punya xp dengan gesitnya gw anterin tuh ke toko langsung dikirim ke jakarta dan udah kelar seminggu beda sama aXer gw retur kelar 2 bulan. senengnya lagi speakernya diganti yang baru lebih kenceng dan ngebass daripada msi yang buat ngegame

    kalo speakernya makin parah return aja ke advan atao toko tempat lo beli cepet sebelum garansi abis.

    panas di vanbook itu udah biasa normal kok tinggal diatur aja ke fannya lebih cepet tapi ngefek ke batre ato pake cooling pad bro.

    salam vanbook

    BalasHapus
  7. @boby fahlevi
    Trims sarannya,sy memang milih vanbook ni krn layanan after salesnya bagus n daya tahan hardwarenya manteb (dr pengalaman sy lo). 7 jam lebih nonstop masi aman2 aj ni vanbook. Gk nyesel pake ni netbook.

    BalasHapus
  8. @ boby
    gimana cara ngatur fannya di komp? ane udah cari2 setingannya ga ada tu, sekarang ini ane pake cooler dan ditaruh di depan kipas angin kalo ga panas bgt bro. apa ada software untuk seting fan dlm?

    BalasHapus
  9. @rizky
    Ane coba bantu, Setau ane lewat Control Center bisa, caranya buka control center --> Thermal Condition --> set ke "cool mode" (agk boros baterai krn kipas vanbook jalan terus CMIIW) ...

    Kalo ada cara yg lebih bagus lgi mungkin yg bawah bisa membantu :)

    BalasHapus
  10. Thx buat infonya... saya juga pake Vanbook Advan nie, tapi yang jadi masalah, suaranya belum bisa keluar. Pertama pake XP SP3, driver sound bisa diinstal, cuma, soundnya tetep ga ada. Pake Windows 7, ngga' kedetect juga...
    hohooo...
    ada solusi??
    terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  11. @Santi

    Klo buat nyari driver coba pake software ini : http://www.softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/3DP-Chip.shtml --> gunanya buat mencari driver terbaru (harus online dulu)

    semoga membantu :)

    BalasHapus
  12. saya juga pengguna advan p1n netbook... battery 6cellny mantabz bro! sya berhasil install cs 1.6 no steam. lancar!! cuma masalah di suhu aja nih! gmana solusinya ya?

    BalasHapus
  13. @anonim
    Kalo saya solusinya cuma dikasi cooler pad... Itu pun suhu di control center paling rendah yang pernah saya lihat "hanya" 69 Celsius... menurut SC nya suhu vanbook memang normalnya seperti itu...

    BalasHapus
  14. saya mau download driver audio nya Advan Vanbook P1N-45116 kok g ada ya.nama y apa ya ?tolong kasih tau ya.......

    BalasHapus
  15. gimana si cara y download driver audio Vanbook P1N-45116?kok susah bgt

    BalasHapus
  16. coba dicoba disini http://archive.kaskus.us/thread/1059340 ... bukanya dari advan sendiri sudah disertakan cd drivernya??

    klo masi tidak bisa coba download http://www.softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/3DP-Chip.shtml --> gunanya buat mencari driver terbaru (harus online dulu)

    BalasHapus
  17. gara2 baca ni review jadi goyah lagi :swt:
    padahal rencana pengin beli hp mini 210 1014

    bisa jalanin file video diatas res 1080p ga ?
    game balap yang bisa dimainin apa aja neh ?
    kuat ngangkat the sims 3 ga ?

    BalasHapus
  18. bisa puter video res diatas 1080p ga?
    games yang bisa dimainin apa aja neh ?
    the sims 3 kuat ?

    BalasHapus
  19. @noe
    Klo untuk resolusi 1080p saya sendiri blm nyoba bro --> http://www.liliputing.com/2010/02/pine-trail-netbooks-can-handle-1080p-hd-video-with-a-little-help.html

    Klo game yang pernah saya coba :
    - PES 6 (Lancar)
    - CS 1.6 (lancar)
    - monopoly here and now (masalah di resolusi)
    - Emulator (PSX, NDS, N64, dll lancar)
    - GTA San Andreas (udah diset minimum masi patah2)
    - FM 2009 (Tidak bisa dimainin)

    Klo sims 3 saya blm prnh nyoba, tapi klo diliat dari spek sepertinya gak lancar buat maen sims 3...

    Semoga membantu :)

    BalasHapus
  20. Thank sebelumnya atas review ini, skrg saya juga pk Advan P1N ini...
    tapi ada sedikit masalah nih kk, saya install xp sp2...saat diinstall selalu keluar tulisan "hal.dll missing or corrupt" apa ada solusinya kk???
    soalnya setelah saya paksa jalanin windowsnya, saya ga bisa install Microsoft Office 2007 dan Yaho Mesengger...
    thanks atas jawabannya...

    BalasHapus
  21. @Erren
    Installnya lewat FD/ CD External (langsung CD)??

    klo saya waktu install pake FD (pake win to flash)juga banyak yang korup filenya... coba install dari CD langsung (dari CD external)...

    saya juga pake sp2 (install langsung dari CD skrg gak bermasalah)...

    BalasHapus
  22. netbook bkn bwt maen game gan, kl pk win7 mang bttry agk boros.

    BalasHapus
  23. @(yg komen "uda diinstall tp gk bsa online") -->> maap uda dipublikasi komennya tp kok gk keluar disini y... hehe...

    Maksudnya uda diinstall ini http://www.softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/3DP-Chip.shtml ?? klo software tsb memang harus OL dulu buat detect hardware nya, trus ntar dicarikan drivernya...

    BalasHapus
  24. sy jg dah pake p1n.. cuman ko' panasx extrim ya..? sampe 73*... gpp tuh..?

    BalasHapus
  25. @Anonim
    Sy jg sebelumnya juga pernah suhu sampe 70an... tp sy pake coolpad... kata CS nya itu normal n gk masalah (tp tetep aj 70an tu suhunya tinggi)... diakali pake coolpad aj bro :)

    BalasHapus
  26. @U2
    Untuk para pengguna Advan P1N-45116 saya ingin menginformasikan bahwa spec untuk type ini sudah lumayan bagus dan memuaskan, untuk masalah panas yang mencapai 80 derajat celcius tidak perlu kwawatir, itu msh dalam bentuk normal, sebab fan cpu akan berputar di saat panas mencapai 74 atau 75 derajat celcius, dan akan berhenti setelah suhu dibawah 70 derajat celcius. Dan untuk ketahanan batre memang 8 jam, tapi itu dalam keadaan stand by yang menyala hanya lampu indikator saja, bila mengetik dibarengi dengan lagu hanya berkisar sekitar 2 - 3 jam, dan apabila digunakan browsing internet menggunakan wifi atau modem hanya bertahan 1,5 jam saja.
    sekian informasi ini saya berikan, terima kasih.

    BalasHapus
  27. @Ardan
    Trima kasih mas infonya, bermanfaat... bisa nambah referensi buat yg masi ragu utk beli netbook ini...

    Klo sy sendiri untuk browsing menggunakan modem bisa nyampe 3 jam an n ngetik sekitar 4 jam an...

    BalasHapus
  28. bos, keybordnya vanbook besar gak???lo dibandingkan ma pico djv,,,,

    BalasHapus
  29. @anonim
    Klo sama pico djv sy blm liat, tp sama hp 1014, keyboardnya lebih besar vanbook...

    BalasHapus
  30. gan ... sy jg pake p1n 45116 emg tuk batre, layar, ama kinerja yg lain oke. tapi sy penasaran am kameranya ... emg pnya gan jg item g keliatan, cb2 cari software buat webcamnya blum ketemu....?
    thanks

    BalasHapus
  31. kameranya ga jelas? gmana cra ngatasinya? ada software yg selain bw cd driver?
    thanks

    BalasHapus
  32. GAN MAU TANYA SAYA JUGA BELI INI NETBOOK ADVAN NYA TAPI KENAPA YAH SERING BANGET TU KALO PAS DI KLIK KANAN, MALAHAN NGEHENG KURSOR KAGA JALAN.KAGABISA DI APA APAINLAH,,,APA AGAN KAYA BEGITU JUGA, MOS TOCHNYA YANG DIBAWAH SEPASI,,. BALES YAH AGAN,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga pernah mempunyai masalah yang sama bro, tetapi setelah di cari2 ternyata virus penyebabnya. Solusinya saya instal ulang OSnya saya pakai XP sp3. Alhamdulillah setelah itu gk pernah ada masalah lagi.

      Hapus
    2. Ane juga pernah mengalami hal yg sama mas bro...dan ternyata disebabkan virus.
      Solusinya ane install ulang pakai xp sp3 dan hasilnya gk ada masalah lagi.

      Hapus
  33. @Teddy
    Klo punya ane slama ini gk pernah kaya gitu, nunggu agan yg lain aj, sapa tau ada yg kaya gitu n share disini...

    BalasHapus
  34. teddy says:
    31 Mei 2010 08:31:00

    GAN MAU TANYA SAYA JUGA BELI INI NETBOOK ADVAN NYA TAPI KENAPA YAH SERING BANGET TU KALO PAS DI KLIK KANAN, MALAHAN NGEHENG KURSOR KAGA JALAN.KAGABISA DI APA APAINLAH,,,APA AGAN KAYA BEGITU JUGA, MOS TOCHNYA YANG DIBAWAH SEPASI,,. BALES YAH AGAN,

    itu bisa kya gitu pas pertmakali ngidupin p dah beberapa jam? gwe gg bisa nentuin... cuma menurt gw c yang w tw klo pertma x ngidupin byasanya os bermasalah.../virus../kebanyakan aplikasi yang da pd quicklunch pas pertama kali masuk os/:)

    klo vanbuk punya babe gw (P1N-45116)juga klo dh overheat kursor gg bisa diapa-apain...... itu terjadi pas dipke ngnet smbil di cas.... c vanbuk nya hank kepaksa deh di pencet langsung dri tombolpower so vanbuknya panas banged......solusinya... ya pke coolpad

    BalasHapus
  35. Saya ada kesulitan install driver wifi nya. CD driver bawaannya sudah banyak goresan shga susah dibaca. Saya baru instal ulang dan waktu saya mau instal drivernya cuma driver wlan nya aja yg ga bisa terbaca. Apa bisa minta tolong kirimkan driver wlan-nya saja ke saya? email saya john_raven@ymail.com. Atau linknya saja juga boleh. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  36. @iqbaldzi
    trima kasih sharingnya bro... tapi kalo saya belum pernah sampe overheat kaya gitu... semoga saja tidak... heheh...

    @Anonim
    Driver Wifi dapat dicoba disini : http://d6.devid.info/drv/61/2694_LAN_Win7-64_Win7_7006_.zip

    Atau disini :
    http://www.devid.info/search.php?text=PCI\VEN_168C%26DEV_002B%26SUBSYS_10891A3B%26REV_01\4%2620975680%260%2600E1

    Semoga membantu...

    BalasHapus
  37. Wah, thanks buat semuanya nih. Saya lagi bingung, dengan budget max 3jutaan, netbook apa yang bisa diajak kerja rada keras (programming n design logo yang buat 150an dpi). kayaknya advan perlu dicoba nih. O iya, btw Advan gampang gak ya dalam upgrade memorinya ?? karena saya pernah tanya2 untuk merek2 tertentu mereka gak mau upgrade memori, karena harus bongkar casingnya n ngerusak segel dulu. Untuk panas, gimana ya??? Mudah2an gpp deh. Thanks

    BalasHapus
  38. @Ihsan
    "Advan gampang gak ya dalam upgrade memorinya ??"

    - Sangat gampang mas ihsan, kmaren saya bru aj upgrade RAM ke 2gb... saya ganti sendiri kok RAMnya, tinggal buka panel bawah langsung kelihatan RAM ma harddisknya,

    - Tapi klo garansi masi berlaku lebih baik langsung ke SC nya saja biar segel dipasang lagi (pelayanan ramah kok mas di kota saya)...

    BalasHapus
  39. Cuma mo ngasih info ja buat tmn2 d daerah krwg. Sy beli advan P1N 45116 di cikampek mall di lantai bwh tptnya di toko putri komputer dah diinstallin windows xp sp 2 bonus usb deam 2 gb. hrganya 2,6 jt. sp tau tertarik beli (ga dbyr ma yg pnya tok lho.. :D) Sejauh ini pk advan cukup puas, coz wktu dbw k area hotspot jg lgsung kedetect g pake ribet. mksh.. :)

    BalasHapus
  40. Wah, jadi mantap nih... Pilihan saya kmrn ga salah... Hari minggu udah beli vanbook-nya, tadinya opsi saya ada di Byon Alverstone, pas kebetulan toko yang ngejualnya tutup, jd pilih advan deh... Karena baru dua hari, jadi lom kerasa kelebihan atau kekurangannya... Mau nanya, klo di Bandung udah ada SC-nya?

    BalasHapus
  41. gmana ya mau dtemui driver windows 7 64-bit?bantuin dong,,

    BalasHapus
  42. webcamnya gelap, biar terang di gimanain...??

    BalasHapus
  43. Wah ane beli barang serupa...alhasil waktu install windows, overheat tu processor...
    waktu dicek kok emang temp tinggi bgt brader..dan dicek ulang, kok ga kedengeran suara kipas/fan nya..emang ada kipas ga si?jgn2 emang punya ane yg rusak wahahahah...

    BalasHapus
  44. @2anonim
    - Driver bisa dicari di http://devid.info (copy serial devicenya di device manager --> klik hardware yg ada tanda tanya kuning --> klik tab details lalu copy (ctrl+c) pada serial di tab details tersebut)...

    - ane jg masi nyari softwarenya buat setting contrast dll, mpe skrg blm ktemu... atw ada yg mw sharing software camera disini dipersilakan :)

    @Dheli Utama
    Wah kok bisa OH y.. ada kipasnya kok mas, ane pertama install win XP gk sampe OH (ane blm pake coolpad waktu itu)... ditanyain di SCnya aj mas... emang sampe brp mas suhunya?? setau ane prnh liat2 di forum2 klo titik tertinggi di netbook skitar 120-126 C... klo masi 70an normal2 aj (katanya), tp pny ane masi sktr 60-70an normal2 aja...

    BalasHapus
  45. seep,,q juga baru beli tapi kok wifinya sulit konek ya???? padahal temen kanan kiri konek smua,,,ndetek server sih tapi lo mw conect gagal terus,,,,gmna ya...bantuin donk...stress neh...

    BalasHapus
  46. wew thx buat post nya..
    sngad membandtwoooo...jempol2 sundul gan...

    BalasHapus
  47. tolong dooong, advan p1n 45116 saya hang mulu, ni. Pertama saya kira overheat, tapi uda dibantu cool pad ga ngaruh, saya curiga virus, tapi ga ada juga. Uda seminggu, ni.. Ada saran?

    BalasHapus
  48. mas cari drivernya buat Xp dimana? driverku hilang.. mohong bantuanya

    BalasHapus
  49. bos.. w udah punya nih advan P1N-45116 tapi waktu gw pasang win 7 video controlernya g conect jadinya suaranya g ada trus tampilannya gede-gede..
    udah w cari drivernya d internet g dapet" boss tolong kasi solusinya dong...
    bos tolong dong kasi drivernya... makasihnya sblmnya...

    BalasHapus
  50. @ 2 anonim
    - Driver uda saya upload di post paling bawah...
    - Sy blm prnh pke win 7 oom... stau sy driver uda kedetect sndiri sm win 7 nya... make win 7 yg mana oom (ultimate/basic)

    BalasHapus
  51. Bos, sy coba webcamnya tp hasil gambarnya kurang memuaskan krn dipenuhi dengan warna merah (baik dalam keadaan terang maupun gelap). Apa penyebabnya?

    BalasHapus
  52. thank you atas share drivernya, punyaku baru saja error. gara2 kena virus, nyari cd drivernya ga keteme2.....

    BalasHapus
  53. thax banget gan...g tau gimana carax bs nemu ni blog...yg jelas laptop advanku bisa nemu drivernya....makasih gan....

    BalasHapus
  54. gan, ane juga pake p1n-45116-B
    mau nanya nih.. ane kan habis instal pake SP 3..
    nah, pas ane instal driver.. semua oke2 aja.. kcuali WI-FI.. gaa bisa di instal gituu..
    sama mau tanya, control center adanya dmn ya??

    BalasHapus
  55. @Anonim
    - Bwt Wifi Coba install driver yg ini : http://www.ziddu.com/downloadlink/11133176/Wireless.zip

    - Ane sebelumnya jg pake XP prof SP3 tp yg Tiny XP gk ad masalah gan, lancar2 aj...

    - Maksudny mw download control center?? disini gan : http://www.ziddu.com/downloadlink/11133173/ControlCenter.zip

    BalasHapus
  56. buat yang punya driver touchpad vanvook p1n-45116 tolong dong dibagi/saya harus download kemana??

    BalasHapus
  57. @Anonim atas :
    Driver touchpad : http://www.synaptics.com/support/drivers

    BalasHapus
  58. mantap bos...
    driver vga bisa buat windows 7 juga....tp sound kaga bosss....
    thanks banget.....matur nuhun..........gracias....

    BalasHapus
  59. Mas, informasi ente sangat berharga ketika 5 bulan lalu saya memutuskan membeli Notebook ini, oia sekarang lg ada masalah tiap dengar audio pake software macam (win amp,winplayer, Vlc ) sering suara jadi semberr bunyi tet tet tet dan langsung nge HANK..harus restart , bisa bantu kenapa ya gan ?? thanks

    BalasHapus
  60. @andri
    coba di install ulang driver audionya mas... punya saya kbetulan blm prnh ngalamin ky gitu...

    BalasHapus
  61. saya pengguna vanbook p1n 45116
    ada maslah di suhu..
    karena sering digeber smaleman, ngrjain laporan..
    akhirnya HDD kena, gak bisa dipake,
    ganti HDD jdai 250 gb..
    alhamdulillah lancar,

    saran aja buat yg lain,
    kalo mau digeber, msti pake coolpad,
    karena panasnya cepet bgt nih netbook..

    selain maslah suhu,
    semuanya ajib,
    cocok bagi mahasiswa...:)

    BalasHapus
  62. @mas Umam
    Trims sarannya,smoga membantu yg lain,.. memang vanbook ini bermasalah di suhu yg tinggi (punya sy bisa sampe 73 C) dan cara mengatasinya sy jg pake coolpad...

    Punya sy sering mpe 14++ jam nonstop (klo tidur aja dimatiin atw biasanya klo lg ngonvert/ donwload bisa lebih dari itu :D) ... ni aj sy pke convert video AVI to MKV sambil browsing2 :D... Alhamdulillah masi aman2 saja, blm ada masalah sejak beli bulan maret 2010 yg lalu... semoga aja tdk ad masalah ^.^

    BalasHapus
  63. gw pake Window7 Ultimate...tapi netbuk P1N-45116 gw ga bisa nge detect Fastnet gw...,mslh di LAN ya? ada ide?
    Thanks

    -RoxRob-

    BalasHapus
  64. Punyaku hooo, sering hang.. kalau gw si mau ganti aja pka acer cum beda 500rb tapi lebih memuaskan. mu tanya nih siapa yang tau dan udah pernah,, kalau nginstallnya advan pakai cd rom dengan pkai kabel usb to sata kok pnyaku kgak bisa ya? apa hd nya rusak tapi kok masih kedetek???

    BalasHapus
  65. gue kan beli van book advan 45116 tapi kok webcam, bluetooth sama wi-fi nya kok gabisa? apa install ulang dari drivernya? thanks bro

    BalasHapus
  66. saya beli vanbook punya temen tapi dalam kondisi enter password. dan saya resah udaha saya coba ketemen-temen ga ada yg bisa. gimana gan cara ngebukanya.trrms

    BalasHapus
  67. halo semua ...
    aku juga baru aja beli vanbook p1n xxxx yang baru aja keluar (sori lupa,soale gak tak bawa kengantor) untuk panasnya gak sepanas itu, setelah tak pake 4 jam tanpa cooler, os winxp n win7 pake external hd, llancar-lancar aja tuh...
    kalau toh ada kelemahan itu kan wajar, dibandingkan dengan harganya

    BalasHapus
  68. Mas minta tolong ni... klw driver untuk advan 45116B support untuk win 7 d mana linknya

    BalasHapus
  69. Ane juga pake Advan Vanbook...
    tapi bnyak masalh mulu ne dari HDD nya suka bikin missing windows... sampe sekarang juga gitu...
    udeh ke SC tapi kaga di ganti pa-pa...
    Ditambah lagi sekarang Cooler Ex nya mati, saya inisiatif sendiri buat bongkar tapi susah banget, biarpun tu baut udeh copot semua...
    minta solusinya kawan...????
    - CAra bongkarnya...

    BalasHapus
  70. Gan.. sya install vanbook 45116 pake window7 ultimate smua drivernya jalan bagus kcuali vga sama wlan nya tu,,tolong dong minta link downloadnya,,, makasih gan...

    BalasHapus
  71. netbook yg ribet.. terlalu byk masalahnya.. gag bisa di bilang memuaskan.. klo blh saran mending pake merk hp dgn spek yg sama.. lebih terjamin mutunya..

    BalasHapus
  72. gue udah punya barang iny sih udah udah lama smpe iny yg kedua hehehehehe.....,,, (tangan gatal)

    advan saya yg kedua saya ganti dngn hdd seagate 160 dan memori v-gen 2 gb os win-7 smpe skrg advan saya udah ga ada masalah muda2hn bisa di gunakan....,,

    BalasHapus
  73. saya baru install vanbook pake semua windows OS: xp/vista/7.. masalahnya sama: suaranya ga mau keluar alias bisuuuu... padahal drivernya sudah terinstall dengan benar dan ga ada conflict didevice manager... mohon pencerahannya... terima kasih.

    BalasHapus
  74. Mohon petunjuk nya,, ana baru install XP di Advan P1N-46125 (mirip) dengan Advan 45116. Berhubung cd driver bawaan nya ketinggalan di rumah ortu nan jauh di sana,, ana download aja langsung di website nya www.advandigital.com dan ternyata untuk seri Vanbook driver yang ada cuma seri P1N-46116.

    Ana pun menggunakan driver tersebut dan hampir semua lancar kecuali pada driver LAN card. Di bagian akhir instalasi driver LAN card terdapat peringatan : "Please shutdown and plug Realtek PCIE card to complete installation". Kemudian ana restart dan tidak terjadi apa2.

    Ana liat di Device Manager dan ana liat di Ethernet Controller ada tanda seru nya, kemudian ana update manual lagi, namun di akhir proses ada tulisan : "Cannot start this hardware".

    Apa memang Vanbook P1N-46125 memerlukan setting khusus untuk mengaktifkan LAN card nya? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  75. (@dluvux :Sebenernya apapun merknya, yg paling penting layanan after salesnya, sebelum membeli cek apakah ada service center terdekat atau cari informasi tentang pelayanan after salesnya (bagus atau sering bermasalah) yg bsa ditanyakan ke costumer service.Dan juga tanya2 ke teman yg udah punya netbook sekedar untuk memberi referensi.)

    >>
    Pelayanan after sales yg bgmana?, wong saya nyari DRIVER Advan p1n-45116 dari situs resminya www.advandigital.com NIHIL, malah dapet pencerahan disini blog agan,, :hammer

    gan, punya referensi versi win 7 gak..?

    BalasHapus
  76. slm knl gan,,,ane pke a1n-tb mntebz jg?? tp syng cd driver ane rusak kgigit tikus...hehehe blh dcopiin ga gan cd drvernya...tlong bgt nih...soalna usb dongle wifi ane ilng tnda tanya doang adanya(?)ane setia blogs agan nih...cmn br kli ini z ane buth drver'a, kirm k email ane aj nih... maulana_andriansyah@yahoo.co.id thank's a lot...

    BalasHapus
  77. @BHONO
    Drivernya ad di bagian post paling bawah bro,,

    BalasHapus
  78. kalau saya disini advan dijadikan server buat warnet heheh.. kadang kerjanya sampai 12 jam, tahan banting.

    BalasHapus
  79. gan dimana ya saya bisa download driver vga vanbook p1n-45116

    BalasHapus
  80. @ayung

    Drivernya ada di postnya gan... paling bawah...

    BalasHapus
  81. boleh nanya gak saya pake advan p1n 45116
    saya kemarin instal ulang pke usb tp kenapa ya drive batterynya gak ada pas saya masukin drivernya

    jadi sampe sekarang battery saya masih minta drivenya dan batterynya gak gak terditek
    mohon pencerahannya

    BalasHapus
  82. mas...laptop advan 45116 ane instal pakek win 7 starter....udah bisa kedetek semua tu driver...tp masalahnya kok fungsi fn ke semua fungsi kayak aktivin wifi,sound,kamera,contras dan lain2 kok ndak fungsi yaaa...tolong donk pencerahanya....please....

    BalasHapus
  83. Gan, laptop advan 45116 saya CMOS sama HDDnya ke block Password, padahal selama ini blom pernah ngasih password baik di CMOS ataupun di HDDnya...cara unlock passwordnya gimana ya gan...

    BalasHapus
  84. gan mau minta bantuan nih kalo driver advan vanbook p1n 45116 buat driver camera di windows 7 ultimatenya di mana download nya yah gak ke detec itu mohon bantuannya
    tolong kirim ke email saya rendy.nendy@gmail.com
    makasih :)

    BalasHapus
  85. gan advan gw mati kibot,ama mouse
    tpi kalo pake mouse ama kibot usb bisa ,knpa ya gan?
    tolong bantu ane agan-agan yg pinter.

    BalasHapus
  86. nih pengalaman eke pake advan :
    dudukan hardisknya sering eror jadi gak kebaca, solusinya nih : perlu di bantalin belakangnya pake gabus (hardisk)
    soalnya rentan, jangan banyak digoyang tuh neet book nya kayak bini aje suka digoyang, pake mouse selalu, tombol klik kananya suka bikin hang jadi usahain pake mouse aja makenya.
    mohon minta update bios,driver supaya kompatible
    gimana cara membongkar nih neetbook biar mudah diperbaiaki hardware/software.

    BalasHapus
  87. Waduh ternyata bnyk masalah, untung punya ane aman2 aja :D... V^^...

    BalasHapus
  88. bang mau tanya ni...tu driver vga bisa dipake gak ya di win 7? trims

    BalasHapus
  89. Anonim said: 19 Agt 2011 23:21:00
    nih pengalaman eke pake advan :
    dudukan hardisknya sering eror jadi gak kebaca, solusinya nih : perlu di bantalin belakangnya pake gabus (hardisk)
    soalnya rentan, jangan banyak digoyang tuh neet book nya kayak bini aje suka digoyang, pake mouse selalu, tombol klik kananya suka bikin hang jadi usahain pake mouse aja makenya.
    mohon minta update bios,driver supaya kompatible
    gimana cara membongkar nih neetbook biar mudah diperbaiaki hardware/software.

    bisa minta petunjuk2nya untuk masang bantalan pada harrdisknya om? send ke pratama.gokilz@gmail.com
    thanks sebelumnya gan...

    BalasHapus
  90. driver camera buat win 7 ada gak gan..???

    BalasHapus
  91. @martabayu

    Liat post bagian bawah... hanya VGA sama network adapter, yg lainnya masi dicari

    BalasHapus
  92. tolong dong ane tdk bisa ngistall lan card ad tulisan shutdown and plug realtek pci card

    BalasHapus
  93. ochy.milanisti2 Mar 2012, 02.54.00

    bluetoothnya g ada ya?tapi di keyboardnya pada F12 itu ada gambar bluetooth pake (FN)

    BalasHapus
  94. @ochy.milanisti

    Gak ada bluetooth gan... Bluetooth nya opsional alias beli sendiri..

    BalasHapus
  95. Driver bios P1N-45215 mana gan..?

    BalasHapus
  96. Advan vanbook P1N-46125
    driver sound ma VGA...
    Ada yg bsa bantu gmna cra dapatin tu barang dua...???

    BalasHapus
  97. @Anonim
    driver buat BIOS gk punya om...

    @King Ant
    driver buat sound & VGA uda ada di post bagian bawah...

    BalasHapus
  98. Advan Vanbook P1N-45116 termasuk pc seri berapa ya? saya ada rencana upgrade memory? maksudnya kalo beli memory pasti di tanya pc berapa? thanks..

    BalasHapus
  99. mas saya kena problem chipset...ndak bisa kontrol kipas, berapa ya biasa repair ?? thanks

    BalasHapus
  100. oce mantap gan.....
    sumpah...itu notebook beberapa kali di pijak ama anak saya ngga masalah dan sampai 2x jatuh dibuat anak saya juga masih hidup....makanya saya makin suka nih produk....cuma casingnya aja pada lecet dan mulai pudar wkwkwkwkwk.....
    oya ada driver update buat ADVAN P1N-16125 ngga gan...???

    BalasHapus
  101. maaf kan numpang tanya cara instal file .uha gimana ya gan?saya dah instal aplikasi uha nah trus untuk instal driver2 nya yang ekstensi .uha gimana ya caranya? plisss help me....
    thanks b 4
    "rief"

    BalasHapus
  102. @anonim

    UHA tu file archive mas, sma kek .rar, .zip... klik file UHAny trus diekstrak aj...

    BalasHapus
  103. mau nanya om...notebook vanbook p1n 45125 saya eror trus di instal ulang.....instalnya udah oke...pas beberapa menit helpctr.exe aplication eror,keluar nyampe ada 500lebih...direstart gitu ja terus,,,xp sp 2 ma xp sp3 win7 belum dicoba..instalnya pk flashdisk

    BalasHapus
  104. punya update biosnya nggak bos...

    BalasHapus
  105. maaf buat agan2 semuanaya,kalau saya memakainya malah lebih dari 10 jam dan kadang2 smpai 24 jam full dan vanbook saya tidak ada masalah dan saya sudah pakai hampir 5 thun

    BalasHapus
  106. wah gan advan punya saya malahan dipake nonstop tanpa mati 1bulan pernah gak dimatiin.. asal pake pendigin? tapi gara2nya antivirus bajakan bikin bot nya error ..

    BalasHapus
  107. klo ane punya vanbook seri P1n-45125 pas sudah setahun abis garansi tuh netbook mati total alias matot lampu led pun gk nyala sama sekali.... ada yg tau gk cara betulinnya...

    BalasHapus
  108. kenapa tiap saya download pake idm nggak bisa..
    mohon pencerahannya???!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba liat di settingan IDMnya mas bro, apakah browser yg anda gunakan sudah di masukan kedalam list IDMnya ?

      Hapus
  109. @Anonim
    Benar2 mati total/gk bisa dinyalain? atau masi bisa nyala cmn hitam doang bung?

    Coba dibawa ke SCnya bung... punya saya uda 2 tahun lebih masi ok2 aj, padahal penggunaan termasuk berat/nonstop...

    @Takdir
    Link dari ziddu kadang bisa download dari IDM, tergantung IDM nya juga, atau coba alternatif *free download manager*... dari kmaren mw upload ulang selain ziddu belum sempet2 krn keterbatasan bandwidth =D

    BalasHapus
  110. trimakasi drivernya sangat membantu

    BalasHapus
  111. gan, upload juga driver bluetoothnya dong plis... situs resminya advan kacau dah :capedeh

    BalasHapus
  112. @anonim

    Advan yg tipe ini gak ada bluetoothnya gan... bluetooth hanya optional alias beli sendiri... heheh...

    BalasHapus
  113. Gan emang fan bsa di setting timernya ya? Settingnya dmna ya? Klo pke software downloadnya di mna?

    BalasHapus
  114. gan nb sya advan p1n-45116 udah di undervolting ma tmen sya,tpi dri awal dinyalain kipas lgsung muter knceng bget sdgkan shu max cma 50'c jdi sya rsa kipas gk terlalu pnting saat prtma ntbok dinyalakan, gmna cranya spy kipas gk lgsung muter biar btrenya awet gan. Mhon bntuannya.

    BalasHapus
  115. mat malam gan. saya mau Search . n mau nanya dikit nih. boleh ngak gan???

    ada teman ku punya Notebook yg sama. tapi Hardisk nya tidak terdetexsi di BIOS dan Susunaan Pada Bios nya udah di Otak Atik sama temanya/ MAL PRAKTEK

    bisa gan tunjuknaatau di potret gimana susunaan BIOSnya dari MAINya, ADVANnya. DLL

    Mnta Bantuanya GAN.
    karna suda saya bantu Untuk Search Di BANG Google Tapi Tidak ada Untuk menampilkan STRUKTUR/SUSUNAAN BIOSnya

    BY : Acen Angel.
    Alamat Di : Makassar/ Sulsel.

    SEBELUMNYA MAKASIH GAn.
    DI TUNGGU INFONYA.

    BalasHapus
  116. terima kasih bnyak mas broo....!!!

    BalasHapus
  117. mau nanya kok driver audio pada pin 46125 hilang sendiri yak, setelah saya uninstal winamp buat ganti ke aimp? need help di device managing juga ndak kedetek trus di audio devices juga gak ada??

    BalasHapus
  118. link download bisa di mirror ga gan,,, tu chipset size nya 900kb tak download jadi cuman 300byte,,

    BalasHapus
  119. audioo device ga kedetek di3DP chip. itu gimana ya? huhu tolong bgt. semoga masih aktif nih blog. :'( mksh

    BalasHapus
  120. maaf laptop saya advan P1N-45125 baru2 ini di service karna brmasalah d jack power, stelah dpasang jack power baru sama tkg servisny, ternyata katanya ada yg konslet.. jdi bisa hidupnya dngan menekan d main boarny langsung (otomatis keyboard tdk bisa d pasang) kira2 ada solusi terbaik g ya? kata tkg servisny bisa dia perbaiki asal ada skematik advan itu.. apa bisa di share skema advannya? tolong d bantu ya.. thanks.. ^_^

    BalasHapus
  121. sudah berkali" install dan uninstall driver wifi yang dari sini. tapi yang kedeteck d network connection cman local area conection 2 . yang wifi nya ga muncul nih . apakah ada pencetan khusus ? saya sudah pencet fn+2 notif nya muncul wireless card active tp ga ada wifinya ( icon d tray icon nya )
    laptop vanbook p1n-45116 , pake os win xp sp3 .
    mohon pencerahannya bro =)

    BalasHapus
  122. wifi tidak terdetek . d network connection cman ada local area connection .
    driver sudah yang dari sini pakenya .
    laptop : vanbook p1n-45116 , win xp sp3 .
    mohon pencerahannya bro =)

    BalasHapus
  123. Makasih gan infonya
    sekalian ijin sedot neh filenya

    BalasHapus
  124. mas bro..
    advan gue vanbook p1n-45116
    klo dicolokin cardreader ato mouse langsung ngeblang alias bluescreen gitu..
    trus sata ahcinya ga bisa dipake..
    kira2 permasalannya dmn ya masbro...??
    mohon bantuannya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo bluescreen biasany hardware mas,,, klo ndk, coba reinstall windows, klo msh gk bsa y ke SC mas

      Hapus
  125. Tolong di re-upload dong gan link donlot ny, not found pas mau donlot -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo sempet k wifi sy reupload, lumayan gede sizeny :)

      Hapus
  126. Gan kalo boleh tau memory apa yg cocok untuk di tambah di slot 2 nya? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. RAM slotny cmn 1 gan, klo saya TT sm 2gb

      Hapus