Handphone Lebih Berbahaya Dari Rokok?

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli kanker telah membuktikan bahwa Handphone dapat membunuh jauh lebih banyak daripada rokok. Ia berasumsi bahwa masyarakat harus menghindarinya dimanapun dan pemerintah serta pelaku industri ponsel harus mengambil "langkah-langkah cepat' untuk mengurangi/menurunkan eksposur radiasinya. Kajian itu, yang dilakukan oleh Dr Vini Khurana, merupakan tuduhan yang paling menggenaskan yang masih belum dipublikasikan dari resiko-resiko kesehatan.

Penelitian ini semakin menarik banyak bukti - secara eksklusif dilaporkan oleh IOS pada bulan Oktober - bahwa menggunakan handsets selama 10 tahun atau lebih dapat menyebabkan dobel resiko kanker otak. Kanker dapat berkembang setidaknya membutuhkan waktu 1 dekade, dan orang-orang telah menggunakan HP selama itu.

Awal tahun ini, pemerintahan Prancis telah memperingatkan untuk tidak menggunakan Handphone, khususnya bagi anak-anak. German juga menghimbau penduduknya untuk mengurangi menggunakan "handset" dan Badan Lingkungan Eropa telah menyerukan eksposur akan dikurangi.

Professor Khurana - seorang ahli bedah saraf terkenal yang telah menerima 14 penghargaan selama 16 tahun, telah menerbitkan lebih dari tiga lusin makalah ilmiah - ditinjau lebih dari 100 studi tentang dampak handphone. Dia telah menempatkan hasil pada situs web operasi otak, dan kertas berdasarkan penelitian saat ini sedang ditinjau-banding untuk diterbitkan dalam jurnal ilmiah.

Ia mengakui bahwa handphone dapat menyelamatkan jiwa dalam keadaan darurat, tetapi menyimpulkan bahwa "ada bukti peningkatan tubuh yang signifikan terkait hubungan antara penggunaan handphone dan tumor otak tertentu". Dia percaya ini akan "secara definitif terbukti" dalam dekade berikutnya.

Mencatat bahwa tumor otak ganas mewakili "diagnosa akhir-kehidupan", ia menambahkan: "Kami sedang mengalami kendali reaktif dan situasi berbahaya." Ia ketakutan, "kecuali kalau industri dan pemerintah segera mengambil langkah-langkah dan keputusan", insiden ganas tumor otak dan tingkat kematian yang terkait akan diamati secara global meningkat dalam satu dekade dari sekarang, saat itu mungkin terlalu terlambat untuk intervensi medis.

"Hal ini diantisipasi bahwa bahaya ini jauh lebih luas memiliki dampak kesehatan masyarakat daripada merokok," kata Profesor Khurana, yang mengatakan kepada IOS penilaiannya sebagian didasarkan pada kenyataan bahwa tiga miliar orang sekarang menggunakan ponsel di seluruh dunia, tiga kali sebanyak asap. Merokok membunuh sekitar lima juta di seluruh dunia setiap tahun.

Akhir pekan lalu, Mobile Operators Association menolak studi Khurana sebagai "diskusi selektif literatur ilmiah oleh satu individu". Itu percaya bahwa dia "tidak menyajikan analisis yang seimbang" dari ilmu pengetahuan yang diterbitkan, dan "mencapai kesimpulan yang berlawanan WHO dan lebih dari 30 tinjauan ahli independen lain".

Rata Penuhsumber : xenophilius.wordpress.com (EN) translate by B11DI kaskus.us

0 comments:

Posting Komentar