Memory Palace, Teknik Mengingat Cepat


Di kejuaraan World Memory Championships, banyak orang yang bisa mengingat urutan kartu dari 20 deck yang sudah diacak dalam waktu 1 jam atau mengingat 500 digit angka acak dalam 15 menit, atau jika Anda pernah menonton episode di Kick Andy, ada Dominic Brian yang menunjukkan kemampuannya dalam soal menghapal angka. Pada tahun 2002, Brian sudah mendapatkan penghargaan MURI dalam kategori mengingat seratus deret angka dalam waktu 12 detik. Dan pada 15 Agustus 2009, ia tercatat di Guinness World Record sebagai penghapal angka terbanyak, dimana ia mampu mengingat 76 angka dalam satu menit.

Dapatkah Anda melakukan hal yang sama? jawabannya, BISA SAJA...

Teknik yang bisa kita gunakan adalah Memory Palace, atau biasa disebut loci system, Roman Room Method, Art of Memory, dan lain sebagainya. Selain sangat efektif, teknik ini juga sangat menyenangkan. Berikut 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk dapat membangun Memory Palace Anda sendiri :

1. Pilih lokasi "Palace" Anda
Langkah pertama adalah memilih tempat yang familiar buat Anda. Efektivitas teknik ini sangat bergantung dari kemampuan Anda untuk membayangkan dan berjalan2 secara imajinasi di tempat tersebut. Anda harus bisa membayangkan untuk benar-benar berada disana hanya dengan menggunakan mata hati.

Sebisa mungkin jangan hanya membayangkan tempatnya, tapi juga definisikan rute-rute yang spesifik yang dapat dilalui. Mungkin Anda bisa membayangkan jalan menuju rumah Anda, atau jalan menuju skolah, kampus, atau kantor. Atau bisa juga jalan dari kelas Anda ke dekanat, atau perpustakaan. Dan lain sebagainya.

2. Membuat daftar detail benda
Sekarang Anda harus memperhatikan detail spesifik dari tempat yang sudah Anda pilih. Misalnya, jika tadi Anda memilih jalan masuk ke rumah Anda, mungkin hal pertama yang dapat dibayangkan adalah pintu depan rumah Anda.

Sekarang bayangkan Anda berjalan dalam Memory Palace Anda. Setelah Anda membuka pintu depan, apa yang ada disana?

Analisa ruang Anda, misal bisa dengan melihat dari kiri ke kanan, benda apa yang Anda perhatikan? mungkin meja tamu, gambar di dinding dan lain sebagainya.

Lanjutkan hingga Anda dapat mengumpulkan banyak benda, yang nantinya dapat dijadikan "memory slot" untuk diisi informasi yang Anda butuhkan.
3. Cetak "Palace" ke dalam otak Anda

Agar teknik ini dapat berjalan, hal yang paling penting adalah Anda harus benar-benar 100% dapat meng-imprint tempat atau rute Anda. Lakukan apa yang Anda dapat lakukan agar dapat tercetak dalam memori. Jika Anda termasuk orang bertipe visual, mungkin hal ini tidak sulit, namun jika tidak, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan:

* Benar-benar berjalan melalui rute yang Anda bayangkan dan ulangi trus sambil melihat benda-benda yang ada disitu.
* Tulis benda-benda tersebut di kertas sambil membayangkan tempat Anda.
* Selalu melihat benda dari sudut pandang yang sama
* Ingat bahwa visualisasi hanya sebuah skill. Jika Anda masih kesulitan, lebih baik kembangkan kemampuan visualisasi Anda terlebih dahulu.
* Ketika Anda yakin sudah bisa, lakukan sekali lagi. Sangat penting untuk Anda benar-benar menguasai rute di tempat Anda.

Setelah Anda benar-benar yakin sudah menguasai rute Anda, berarti langkah ini sudah selesai. Sekarang Anda sudah mempunyai Palace Anda, tinggal digunakan untuk mengingat-ingat apapun yang Anda inginkan.

4. Asosiasikan
Sekarang tinggal menggunakan "Palace" Anda. langkah yang dibutuhkan disini adalah asosiasi visual. Prosesnya sederhana : Anda dapat menggunakan jembatan keledai dari benda yang ada dengan hal yang ingin Anda ingat.

Proses ini harus unik dan tidak membosankan. Contoh sederhana jika kita ingin mengingat daftar belanjaan kita. Misalnya hal pertama adalah Wortel :

Bayangkan Anda berpindah ke Memory Palace Anda. benda pertama adalah pintu depan. Sekarang kombinasikan Wortel dan Pintu Depan Anda, misalnya pintu depan Anda bergagang wortel dengan tiang berbentuk wortel di sampingnya.

Skarang buka pintunya dan terus berjalan, mengikuti rute yang sama persis yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Lihat benda selanjutnya dan asosiasikan dengan hal berikutnya yang ingin Anda ingat. Misalnya Gambar ibu Mertua di dinding dengan Telur. Well, Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya bukan?

Lakukan trus hingga semua hal yang ingin diingat sudah terasosiasi.

5. Kunjungi
Di langkah ini, berarti Anda sudah selesai mengingat semua item. Jika Anda baru menggunakan teknik ini, Anda perlu melakukan rehearsal, sambil mengulangi perjalanan paling tidak sekali di "Palace" Anda.

Anda mulai berjalan dan mengikuti rute Anda, maka hal ingin diingat akan muncul seiring dengan benda yang Anda bayangkan di perjalanan Anda. Perhatikan tiap benda tersebut. Ketika Anda sudah sampai di ujung perjalanan, putar balik dan lakukan hal yang sama sampai kembali ke titik awal perjalanan.

Pada akhirnya, ini tergantung dari kemampuan Anda mengembangkan kemampuan visualisasi. Semakin Anda relaks, Memorisasi akan semakin mudah dan semakin efektif

Selamat membuat Memory Palace Anda

sumber : bonar13.web.id
This entry was posted in :

2 comments:

  1. Place, bukan Palace..
    Place = tempat
    palace = istana

    BalasHapus
  2. @Anonim

    Silakan dibaca artikel asli : http://www.wikihow.com/Build-a-Memory-Palace ... artikel diatas sudah diterjemahkan maksudnya...

    BalasHapus