Gangguan Psikologis (cemas)


Anxiety artinya Kecemasan. Ini hal normal yg pasti pernah dialami semua orang selama hidupnya. Yang jadi masalah adalah kalo kecemasan tersebut malah menggangu hidup kita. Keadaan itu dinamakan gangguan kecemasan.

Jenis jenis gangguan kecemasan
Normalnya, cemas cuma bikin perut mules dan jantung berdetak kencang. Tapi bila sudah parah, gangguan kecemasan bisa mengarah ke hal hal lain. Tepatnya ada enam bentuk gangguan kecemasan yg bisa muncul, dan masing masing harus ditangani dengan terapi yang berbeda beda

1. Generalized Anxiety Disorder
Ciri ciri umum : sebenarnya sama seperti cemas biasa. Yang bikin beda adalah: penderita GAD cemasnya terus menerus. Hampir sepanjang hari dia habiskan untuk mencemaskan hal-hal yang sebenernya tidak perlu. Akibatnya, dia tidak bisa menjalankan hidupnya dengan normal. Tiap saat otaknya selalu dipenuhi pikiran buruk yang selalu membuat dia khawatir.

2. Social Anxiety Disorder
Disebut juga social phobia. Orang yang mengidap gangguan ini bakal merasa takut bila harus berinteraksi dengan orang lain. Dia takut dicap buruk oleh orang lain dan dipermalukan didepan umum. Makanya dia lebih menghindar dari lingkungannya.

3. Post traumatic Stress Disorder
Ini adalah gangguan kecemasan yang muncul setelah seseorang baru mengalami sebuah peristiwa yg traumatis.

4. Panic Disorder
Saat sesorang tidak terjadi apa-apa pada dirinya, tiba tiba terkena 'serangan', dada berdegup kencang, kepala pusing, mata berkunang, dan merasa seperti mau mati, Itu namanya panic attack. Bila serangan ini terjadi berulang-ulang, namanya panic disorder

5. Obsessive Compulsive Disoder
Penderita OCD biasanya harus melakukan sesuatu tanpa alasan yang jelas dan tidak bisa dikontrol. Misalnya, belasan kali mengecek lampu kamar sudah dimatikan atau belum. Atau mencuci kaki berkali kali dan merapikan semua buku di rak supaya sejajar.

6. Phobia
Rasa takut yg berlebihan terhadap hal hal yang tidak perlu ditakuti.

Dan ini jenis jenis gangguan phobia
1. Peladophobia: takut dengan orang botak, apalagi melihat orang botak dan berada dekat orang botak.

2. Somniphobia: pengidap ini takut untuk tidur, karena mereka takut tidak bisa bangun lagi. Begitu cemasnya tiap malam saat waktunya tidur, biasanya mereka berbaring di tempat tidur tetapi berusaha keras untuk tetap terjaga.

3. Alektorophobia: Rasa takut yang berlebihan pada ayam.

4. Agyrophobia: Rasa takut untuk menyebrang jalan

5. Eisoptrophobia: Phobia dengan cermin. Mereka biasanya menganggap dengan bercermin, mereka bisa tertarik masuk ke alam lain.

6. Ablutophobia: Rasa takut terhadap mandi. Biasanya pengidapnya adalah anak anak dan perempuan.

7. Paraskavedekatriaphobia: takut dengan hari jumat tanggal 13 alias friday the 13th. Mereka menganggap hari jumat tangagal 13 akan bawa kesialan yang maha dahsyat dan nasib buruk.

8. Philemaphobia: Rasa takut berciuman.

0 comments:

Posting Komentar