Berinternet Tingkatkan Fungsi Otak Orang Tua


Hasil studi yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of California, Los Angeles (UCLA) menemukan bahwa kegiatan berselancar di dunia maya bagi para pengguna internet paruh baya atau lebih tua dapat meningkatkan fungsi otak mereka.

“Kalangan orang tua dengan pengalaman menggunakan internet yang minim, bisa meningkatkan kemampuan fungsi otak mereka dengan berselancar di dunia maya. Bahkan meski hanya sebentar, kegiatan berinternet mampu mengubah pola aktivitas kinerja otak serta meningkatkan fungsinya,” kata Dr Gary Small dari Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior di UCLA.

Small dan timnya menyeleksi sekira 24 partisipan berusia antara 55 hingga 78 tahun. Setengah dari sampel partisipan memiliki pengalaman menggunakan internet, sementara sebagian lainnya tidak terlalu berpengalaman dalam berinternet.

Setelah diberikan pelatihan internet, peneliti kemudian menganalisa aktivitas otak para partisipan yang minim pengalaman. Dengan alat khusus, terlihat bahwa hanya dalam waktu singkat pola aktivitas otak mereka sangat mirip dengan mereka yang berada dalam kelompok yang mahir berinternet. Demikian keterangan yang dikutip dari Xinhua, Selasa (20/10/2009).

“Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pada orang-orang paruh baya, berselancar secara online bisa menjadi bentuk latihan sederhana yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan mereka,” kata peneliti lainnya Teena D Moody.

Menurut Moody, saat melakukan pencarian dan browsing di internet, kemampuan dalam mengingat dan menggali informasi penting dari sebuah gambar atau kata menjadi sangat penting. Oleh karena itulah otak dipicu untuk bekerja (berpikir) lebih keras.

Sumber: Tentangdigital.wordpress.com

0 comments:

Posting Komentar