Efek Negatif Akibat Kurang Tidur

Dluvux Blog - Efek Negatif Akibat Kurang Tidur
Via Blogspot


Dluvux Blog - Apakah Anda mengalami awal hari yang tidak menyenangkan? Mungkin itu adalah salah satu dampak dari tidur yang tak nyaman. Ya, sedikit saja Anda kekurangan waktu tidur, maka sudah dapat dipastikan banyak gangguan akan Anda alami setelahnya. Lalu, apa tanda yang mengatakan bahwa tidur tidak optimal? Berikut ulasannya menurut laman Huffington Post:

Mudah lapar

Anda merasa sangat lapar sepanjang hari? Ini tanda bahwa Anda kekurangan waktu tidur. Tidur yang tidak optimal akan membuat tubuh lebih mudah lapar. Hal ini dibuktikan oleh penelitian pada 2010, yang menunjukkan bahwa kurang tidur, meningkatkan produksi hormon ghrelin, yakni hormon pemicu rasa lapar.

Untuk itu, bagi Anda yang sedang dalam program diet, tidur cukup adalah salah satu kunci penting dalam keberhasilan program tersebut.

Baca Juga : Jangan Persempit Pikiran Dengan Galau

Cengeng

Kurangnya waktu tidur, juga berpengaruh pada emosi yang dirasakan. Sebab, kurangnya waktu tubuh untuk istirahat, dapat membuat mood naik turun, sehingga dapat membuat Anda mudah menangis untuk hal-hal buruk dan menyedihkan. Hal ini dikarenakan, saat kekurangan istirahat sebanyak 60 persen, bagian dari otak akan menjadi lebih reaktif akan segala hal, yang imbasnya membuat perasaan jadi lebih sensitif.

Ceroboh

Yang satu ini paling menyebalkan bila terjadi di saat-saat genting. Menumpahkan minuman ke meja makan, merusak susunan dokumen di meja kantor, atau secara tidak sengaja menginjak kaki bos saat berjalan. Beberapa kecerobohan tersebut, menurut Clete Kushida, MD, Ph.D., adalah tanda dari kekurangan tidur. Ya, kurang tidur menurut Clete, dapat membuat otak lebih lambat merespons setiap gerakan yang memengaruhi kemampuan gerak seseorang. Hal ini yang membuat seseorang jadi lebih ceroboh dari biasanya.

Pikun

Selain menjadi lebih ceroboh, pikun adalah salah satu tanda lain dari tidur yang tak optimal. Seringkali lupa meletakkan barang, lupa wajah orang, hingga nama, bisa terjadi ketika kekurangan tidur. Hal ini berhubungan dengan kemampuan kognitif yang berkurang saat otak tak istirahat dengan baik. Untuk itu, sebaiknya optimalkan tidur Anda agar gangguan yang ditimbulkan tidak semakin parah dan menyebabkan komplikasi penyakit lain pada tubuh.


SUMBER : viva.co.id

tag : efek kurang tidur, akibat kurang tidur, bahaya kurang tidur

0 comments:

Posting Komentar