Mengetahui Kondisi Tubuh Melalui Feses



Ada sebuah kebiasaan universal yang dilakukan hampir tiap orang di pagi hari: buang air besar. Itu bukan kebiasaan biasa. Sisa makanan yang dibuang bisa mengindikasikan kondisi kesehatan.

Normalnya, feses berwarna kecokelatan. Di luar warna itu, artinya ada kesehatan yang terganggu. Gizmodo merilis kondisi tubuh mungkin terjadi berdasarkan warna feses. Mengutip Daily Mail, berikut daftarnya.

Hijau

Feses berwarna hijau bisa disebabkan pencernaan makanan yang terlalu cepat. Bisa juga karena terlalu banyak makan sayuran hijau atau pewarna makanan.

Kasus lain, feses hijau mungkin disebabkan sensitivitas terhadap minyak Anis atau efek samping dari konsumsi zat besi.

Putih

Feses berwarna putih bisa mengindikasikan kekurangan cairan empedu karena adanya penyumbatan saluran. Kemungkinan besar itu disebabkan batu empedu.

Kondisi itu juga bisa ditandai urine yang berwarna gelap, nyeri perut, dan munculnya penyakit kuning.

Kuning

Jika feses berwarna kuning, biasanya juga berminyak dan bau amis seperti telur busuk. Itu terjadi karena terlalu banyak minyak dan belum tercerna dengan baik.

Kondisi itu juga bisa menandakan seseorang terkena penyakit celiac, atau kerusakan usus halus yang tak mampu menyerap makanan.

Hitam

Feses bisa berwarna gelap, sampai menghitam. Itu disebabkan konsumsi liquorice, atau terlalu banyak suplemen zat besi.

Feses hitam juga bisa mengindikasikan pendarahan pada bagian atas saluran pencernaan akibat tumor. Jika itu yang terjadi, kotoran juga lengket dan berbau busuk.

Warna lain

Masih ada beberapa warna feses lain. Misalnya, feses merah karena konsumsi bit, tomat, atau adanya pendarahan usus dan wasir. Ada pula feses berwarna perak dan keras yang mengindikasikan kesehatan usus yang buruk atau penyumbatan di saluran empedu.


SUMBER : viva.co.id

0 comments:

Posting Komentar